Rabu, 29 Desember 2010

Sekilas tentang Akuntansi dan Prospek Lulusan

Pengertian dan Definisi Akuntansi

Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya.

Akuntansi berasal dari kata asing accounting yang artinya bila diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia adalah menghitung atau mempertanggungjawabkan. Akuntansi digunakan di hampir seluruh kegiatan bisnis di seluruh dunia untuk mengambil keputusan sehingga disebut sebagai bahasa bisnis.

Fungsi Akuntansi

Fungsi utama akuntansi adalah sebagai informasi keuangan suatu organisasi. Dari laporan akuntansi kita bisa melihat posisi keuangan sutu organisasi beserta perubahan yang terjadi di dalamnya. Akuntansi dibuat secara kualitatif dengan satuan ukuran uang. Informasi mengenai keuangan sangat dibutuhkan khususnya oleh pihak manajer / manajemen untuk membantu membuat keputusan suatu organisasi.

Laporan Dasar Akuntansi

Pada dasarnya proses akuntansi akan membuat output laporan rugi laba, laporan perubahan modal, dan laporan neraca pada suatu perusahaan atau organisasi lainnya. Pada suatu laporan akuntansi harus mencantumkan nama perusahaan, nama laporan, dan tanggal penyusunan atau jangka waktu laporan tersebut untuk memudahkan orang lain memahaminya. Laporan dapat bersifat periodik dan ada juga yang bersifat suatu waktu tertentu saja.

Akuntansi merupakan satu-satunya bahasa bisnis utama di pasar modal. Tanpa standar akuntansi yang baik, pasar modal tidak akan pernah berjalan dengan baik pula karena laporan keuangan merupakan produk utama dalam mekanisme pasar modal. Efektivitas dan ketepatan waktu dari informasi keuangan yang transparan yang dapat dibandingkan dan relevan dibutuhkan oleh semua stakeholder (pekerja, suppliers, customers, institusi penyedia kredit, bahkan pemerintah). Para stakeholder ini bukan sekadar ingin mengetahui informasi keuangan dari satu perusahaan saja, melainkan dari banyak perusahaan (jika bisa, mungkin dari semua perusahaan) dari seluruh belahan dunia untuk diperbandingkan satu dengan lainnya.

Selain itu, apabila kita cermati Anggaran Dasar dari perusahaan maka direksi wajib melakukan pembukuan perusahaan yang jelas menggunakan standar akuntansi. Dan satu-satunya laporan perusahaan yang diwajibkan oleh pemilik dan publik adalah laporan keuangan. Sedangkan laporan penjualan dan laporan persediaan serta laporan lainnya merupakan laporan pendukung (supporting) dari laporan keuangan yang merupakan core dari corporate resposibility. Sehingga hanya laporan keuangan yang diaudit oleh akuntan independen. 


PROSPEK PROFESI LULUSAN

Lulusan program studi ini diharapkan dapat menempati posisi-posisi jabatan pada level seperti akuntan/auditor internal atau staf pemeriksa di perusahaan atau departemen pemerintahan, bisa sebagai konsultan dan penyedia jasa bidang akuntansi, keuangan dan atau perpajakan. Para lulusan S1 Akuntansi diharapkan memiliki keilmuan dalam bidang akuntansi sebagai dasar untuk pengembangan menjadi akuntan profesional dan mampu mengembangkan serta memanfaatkan teknologi informasi dan komputer yang mendukung dalam tugasnya. 

Beberapa peluang yang dapat diisi oleh lulusan program studi akuntansi, meliputi tenaga profesional seperti : Kepala Departemen Akuntansi, Akuntan Publik, Kepala Perpajakan, Staff Accounting, Akuntan Pendidik, Akuntan Pemerintah (pajak), Coorporate Scretary, Manajer Keuangan, Analisis Sistem Informasi Akuntansi, Enterpreneur di berbagai bidang usaha baik industri maupun Jasa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar