Selasa, 28 Desember 2010

Universitas Islam Sumatera Utara (UISU)



A l a m a t : Jln. Karya Bakti No. 34 Titi Kuning, Medan Johor, Sumatera Utara
Telepon : (061) 7869790, 6860916
F a x : (061) 7868049, 7860916


Universitas pertama di luar Pulau Jawa ini didirikan oleh sekelompok pemuda Islam yang 'awam' pendidikan tinggi, hanya lulusan SMA yang belum pernah kuliah, bahkan di antaranya masih duduk di SMA. Mula-mula mereka hanya membuka Fakultas Hukum. Sukses. Maka dua tahun kemudian disusul dengan Fakultas Agama dan Fakultas Ekonomi. Berikutnya, 1957, Fakultas Sastra dan FKIP yang didirikan. Tiga tahun kemudian dibuka Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Dakwah, sedangkan Fakultas Agama diubah menjadi Fakultas Syariah. Dilanjutkan dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik dan Fakultas Pertanian pada 1964, serta Fakultas Kedokteran pada 1965. Pada 1997 Fakultas Syariah digabung dengan Fakultas Tarbiyah atas ketentuan Departemen Agama, menjadi Fakultas Agama Islam (FAI). Sedangkan Fakultas Dakwah berdiri sendiri sebagai Sekolah Tinggi di bawah Yayasan UISU.

Kerjasama : 
- Universiti Sains Malaysia (Penang) 
- Aligarh Muslim University (Aligarh, India 
- USAID dan JICA (Japan International Corporation Agency) yang membantu UISU untuk melengkapi peralatan laboratorium, perpustakaan, dan komputer serta mengirim dosen-dosennya untuk mengambil S2 di ITB dan USA. Dilakukan pula penelitian-penelitian mandiri, penataran dosen, dan pelatihan dosen-dosen ke Jepang.

Visi Misi Kebijakan & Sasaran Mutu

Visi
Visi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sumatera Utara adalah bagian tak terpisahkan dari Visi UISU pada umumnya dengan visi khusus terwujudnya Fakultas Ekonomi yang memiliki harkat dan martabat dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, terampil dan ahli dibidangnya serta berakhlakul karimah demi mengembangkan dan meningkatkan kesejahteraan umat untuk terciptanya keadilan dan kemakmuran bagi rakyat Indonesia.

Misi
Melaksanakan Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta dakwah Islamiah untuk membentuk Sarjana Ekonomi Muslim yang nasionalis, berakhlak mulia, berilmu dan beramal serta berperan dalam pembangunan umat Islam, bangsa dan negara Republik Indonesia, menggali dan mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Agama Islam untuk kesejahteraan umat sesuai dengan kaidah Islam.

Kebijakan Mutu
Fakultas Ekonomi UISU sebagai salah satu Fakultas di UISU menghasilkan lulusan yang bermanfaat bagi masyarakat, menguasai ilmu ke-Islaman dan mampu menerapkan nilai-nilai Islam serta berdaya saing tinggi.

Sasaran Mutu
1. Berkarya
2. Tepat Waktu Studi
3. Indeks Prestasi Minimal 2.80
4. Nilai Praktek Ibadah Baik
5. Penguasaan Ekonomi Islam Baik


FASILITAS
• Beasiswa
• Koperasi
• Perpustakaan
• Laboratorium
• Internet

BIAYA PENDIDIKAN

Kelas Pagi/Sore/Malam :

Biaya Uang Pembangunan sebesar Rp 1.000.000,-

Besar Biaya Pendidikan untuk tahun berikutnya :

PENDAFTARAN MAHASISWA BARU

T e s : Ujian masuk (Sosial, Eksakta, Agama) Terpadu dan wawancara

Persyaratan : Biaya pendaftaran Rp 60.000, kecuali Agama Rp 30.000

Persyaratan Pendaftaran
Untuk Program Strata 1 (S-1) sebagai berikut:
1. Foto copy Surat Tanda Kelulusan Belajar (STKB) dan STTB SMU/SMK/SMEA/MAN yang dilegalisir = 2 lembar.
2. Foto copy NEM yang dilegalisir = 2 lembar.
3. Pas Photo ukuran 3x4 = 4 Lembar

Tempat Dan Waktu Pendaftaran
1. Untuk Program S-1 bertempat di Biro Rektor UISU Jl.S.M. Raja Teladan Medan, setiap hari kerja.
2. Untuk Program MM bertempat di Sekretariat MM Gedung Induk Lantai 2 UISU Jl.S.M. Raja Teladan Medan, setiap hari kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar