Selasa, 28 Desember 2010

Universitas Airlangga, Surabaya


Alamat Sekretariat : Jl. Airlangga No.4 Surabaya 60286
Telp : (031) 5033642, 5036584
Fax : (031) 5026288

Visi
“Menjadi salah satu pusat pendidikan dan pengembangan ekonomi terkemuka di tingkat nasional maupun internasional dan  mampu menghasilkan lulusan yang unggul, mandiri, inovatif dan berkarya secara profesional dalam bidang ekonomi, berdasarkan moral agama.”

Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan akademik, vokasional, dan profesi di bidang ekonomi, manajemen dan akuntansi;
2. Mengupayakan kemandirian dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran yang inovatif berbasis kompetensi di bidang ilmu ekonomi, manajemen dan akuntansi;
3. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu dan pengetahuan yang berorientasi pada ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi;
4. Menyelenggarakan berbagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang menunjang penerapan dan pengembangan ekonomi, manajemen dan praktek akuntansi.

Tujuan
Tujuan umum penyelenggaraan pendidikan di Fakultas Ekonomi diarahkan untuk menghasilkan lulusan yang:
  1. Memiliki integritas kepribadian yang tinggi sebagai Sarjana Ilmu Ekonomi atau tenaga-tenaga profesional di bidang ilmu ekonomi.
  2. Merupakan sumber daya manusia yang dapat memenuhi tuntutan pembangunan nasional, guna mengisi kebutuhan masyarakat akan tenaga pelaksana dan pemikir yang terampil dan handal, mandiri serta peka terhadap perubahan sosial, ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Berkualitas:
  • mampu menguasai dasar-dasar ilmiah serta pengetahuan dan metodologi sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan dan memutuskan cara penyelesaian masalah yang ada dalam bidang keahliannya;
  • Bersifat terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu dan teknologi, serta masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berhubungan dengan bidang keahliannya.
  • Mampu menerapkan pengetahuan dan ketrampilan yang dimilikinya sesuai dengan bidang keahliannya berupa kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat.
Untuk mencapai tujuan tersebut di atas, maka penyelenggaraan pendidikan di Fakultas Ekonomi mengacu dan berpedoman pada: Tujuan Pendidikan Nasional; Kaidah, Moral Etika Ilmu Pengetahuan; Kepentingan Masyarakat, Minat, Kemampuan dan Prakarsa Pribadi.

KEMITRAAN
Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga telah banyak melakukan kerjasama dengan lembaga dan Universitas baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Beberapa lembaga dalam negeri terkait ( Pemda, Organisasi profesi, Industri ) sebagai pengguna lulusan. Berikut daftar beberapa kerjasama yang telah dilakukan antara lain :

No
Lembaga
Bidang Kerjasama
1 Bank Indonesia Penelitian, diskusi ilmah, dan bantuan skripsi
2 Bursa Efek Surabaya Training, fasilitas, seminar dan Pojok Bursa
3 Masyarakat Ekonomi Syariah Pengembangan Ekonomi Syariah
4 Pemprov Jawa Timur Penelitian pengembangan perekonomian Jawa Timur
5 Lembaga Administrasi Negara Penyelenggaraan program Progqam Profesi
6 Bank Mandiri Pembayaran SPP, Pusat Data dan Business, dll
7 PT INDOSAT Penyediaan VoIP dan Internet
8 Radio Suara Surabaya Talk Show
9 Bahrain Institute of Banking & Financial Islamic Banking Course
10 IAI Kompartemen Akuntan Publik Peningkatan kualitas akademik mahasiswa Akuntansi
11 Pemkab Lamongan Penyelenggaraan D1 Akuntansi dan Community Dev
12 Ikatan Sekretaris Indonesia-Surabaya Penyelenggaraan training
13 Bank Muamalat Indonesia Fasilitas kredit komputer , SPP dan kredit koperasi
14 PT Telkom Tbk. Penyediaan Internet
15 Bandiklat Prop. Jawa Timur Penyelenggaraan S2 – Akuntansi Pemerintahan
16 PLN / PJB Pembinaan dan Pelatihan karyawan dan UMKM
17 PT PAL Tbk dan Pelindo Perekrutan dan Penyeleksian Calon Karyawan
18 MYOB – PT Prima Teknika InterMulia Pelatihan dan Seminar SDM dalam MYOB
19 PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk Penyediaan layanan Astinet
20 PT Jasatama Teguh Jaya Buana Penyediaan BPO Global data base
21 Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, BTN Syariah, IKA – FE UNAIR, BPD Jatim dan PTPN XI Pengisian ruang kelas dan gedung olah raga pada pembangunan lantai 3 gedung lama.
22 Kamar Dagang dan Industri Prop.Jatim Pengembangan UKM
23 Rotterdam University - Belanda Double Degree
24 INCEIF - Malaysia CIFP dan Double Degree
25 AACSB Penelitian, Seminar, dll dengan semua University of Bussiness di dunia


Sedangkan untuk kerjasama dengan luar negeri, sampai saat ini Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga sudah mengadakan kerjasama dengan International Islamic University dan International Center for education in Islamic Finance di Malaysia, Monash University di Australia dan Burningham Rotterdam University di Belanda.

ALUR REGISTRASI MAHASISWA BARU

I. ALUR PEMBAYARAN.
Pelaksanaan Pembayaran Mahasiswa Baru melalui salah satu Bank yang ditunjuk :
- Seluruh Cabang Bank BNI'46
- Seluruh Cabang Bank BTN
- Seluruh Cabang Bank Mandiri (e-Chanel, ATM & Autodebet, SMS Nomor: 3355, Internet Banking www.bankmandiri.co.id)

II. ALUR REGISTRASI ONLINE. [Bertempat di Gedung Auditorium Kampus C Jl.Mulyorejo Surabaya].

• Calon Mahasiswa Baru Universitas Airlangga, menunjukan kartu peserta tes dan slip setoran dari bank, melakukan proses checking biaya pendidikan, Menerima satu bendel [Map] form data mahasiswa.

• Calon Mahasiswa Baru Universitas Airlangga, menunjukan kartu peserta tes PMDK Jalur Prestasi dan PMDK Umum, melakukan proses verifikasi sidik jari.

• Calon Mahasiswa Baru Universitas Airlangga, menyerahkan data-data mahasiswa, seperti : Ijasah asli dan salinan (untuk yang masih dalam proses kelulusan Surat Keterangan Lulus (SKL) dari sekolah), form data mahasiwa yang sudah diisi.

• Calon Mahasiswa Baru Universitas Airlangga, menerima jadual tes ELPT dan tes kesehatan.

• Calon Mahasiswa Baru Universitas Airlangga, Untuk jenjang S1/D3 melakukan pemilihan ukuran jaket, dan menerima jaket+atribut serta menerima form persyaratan kesehatan. Dan mahasiswa baru jenjang S2 melakukan pengukuran jaket.

• Calon Mahasiswa Baru Universitas Airlangga, menerima KTM.

• Calon Mahasiswa Baru Universitas Airlangga, mendapat alamat email mahasiswa xxxxxx@student.unair.ac.id. (password NIM Masing-masing)

III. TEST LANJUTAN.
• Calon Mahasiswa Baru Universitas Airlangga, mengikuti tes ELPT sesuai dengan jadual yang telah diterima dan tempat test dilaksanakan di Gedung PINLABS Kampus B JL.Airlangga 4 Surabaya.
• Calon Mahasiswa Baru Universitas Airlangga, mengikuti tes Kesehatan sesuai dengan jadual yang telah diterima dan Test dilaksanakan di Rumah Sakit Dr.Soetomo Surabaya Gedung Diagnostic Central.


SKEMA REGISTRASI MAHASISWA BARU
• Membayar di Bank yg ditunjuk

• Loket A Ambil berkas

• Loket B Verifikasi Identitas

• Loket C Penyerahan Dokumen Calon Mahasiswa

• Loket D Validasi Data Calon Mahasiswa

• Loket E Pengukuran Jaket Almamater

• Loket F Email dan Cetak KTM

Universitas Airlangga menetapkan bahwa penerimaan calon mahasiswa baru dilaksanakan melalui 2 (dua) sistem yaitu:

1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

2. Penelusuran Minat Dan Kemampuan Universitas Airlangga (PMDK-UNAIR)
PMDK-UNAIR adalah sistem penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh Universitas Airlangga secara mandiri. Dalam sistem ini setiap peserta hanya dapat memilih program-program studi yang ada di Universitas Airlangga. Keterangan lebih lanjut klik disini.

Untuk dapat diterima sebagai mahasiswa baru Universitas Airlangga melalui PMDK-UNAIR, tiap peserta harus lulus ujian tulis Tes Potensi dan Prestasi Akademik Universitas Airlangga (TPPA-UNAIR).

PMDK-UNAIR terdiri dari 4 (empat), yaitu PMDK-Prestasi, PMDK-Umum,PMDK-Alih Jenis, dan PMDK-Program Diploma.

A. PMDK-Prestasi
PMDK-Prestasi diperuntukkan bagi lulusan SLTA di tahun terbaru yang mempunyai prestasi ilmiah atau non-ilmiah tertinggi di sekolah atau di luar sekolah dari seluruh jenis SLTA di Indonesia.
B. PMDK-Umum
PMDK-Umum diperuntukkan bagi lulusan SLTA pada umumnya. Yakni lulusan di 3 tahun terbaru yang memiliki kemampuan akademik untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan tinggi dengan baik.
C. PMDK-Alih Jenis
PMDK-Alih Jenis diperuntukkan bagi mereka yang ingin melanjutkan studi ke jenjang Sarjana (S1) di Universitas Airlangga, yang telah mempunyai prestasi akademik setara D3 atau S1.
D. PMDK-Program Diploma

Info lengkap tentang Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) klik disini.

BEASISWA MENGIKUTI UJIAN (BMU)
Pengumuman BMU PMDK Prestasi

Berikut ini calon penerima beasiswa Bidik Misi melalui PMDK Prestasi
• Bagi nama yang pada kolom Status tertulis BMU, maka surat pemberitahuan dikirim melalui sekolah masing-masing.
• Bagi nama yang pada kolom Status tertulis Non BMU dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti ujian tulis PMDK Prestasi dengan biaya sendiri.

Selanjutnya :
• Bagi calon penerima beasiswa Bidik Misi dengan Status BMU dan Non BMU yang lulus ujian tulis PMDK Prestasi, akan diusulkan untuk mendapatkan beasiswa Bidik Misi, yaitu beasiswa penuh yang terdiri dari biaya pendidikan dan bantuan biaya hidup selama menempuh pendidikan S1 Universitas Airlangga.
• Bagi calon penerima beasiswa Bidik Misi dengan Status BMU yang tidak lulus ujian tulis PMDK Prestasi, dapat mengikuti ujian tulis SNMPTN dengan biaya sendiri. Apabila kemudian lulus ujian tulis SNMPTN, maka akan diusulkan untuk mendapatkan beasiswa Bidik Misi.
• Bagi calon penerima beasiswa Bidik Misi dengan Status Non BMU yang tidak lulus ujian tulis PMDK Prestasi, akan diseleksi untuk BMU SNMPTN (tidak perlu mengajukan permohonan baru).

Kepada calon peserta PMDK Prestasi dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi akan mendapatkan Beasiswa Mengikuti Ujian (BMU) dalam bentuk bantuan biaya perjalanan dan akomodasi serta biaya pendaftaran PMDK Prestasi.

Prosedur dan mekanisme BMU adalah sebagai berikut:
1. Syarat Peserta:
a. Didaftarkan sebagai calon peserta PMDK Prestasi melalui sekolah masing-masing.
b. Berasal dari keluarga miskin (GAKIN) dengan kriteria penghasilan keluarga kurang dari Rp.1.000.000 (satu juta rupiah) per bulan.
c. Mengajukan surat permohonan yang ditulis dengan tangan sendiri kepada Rektor Universitas Airlangga sesuai dengan contoh yang disediakan.
d. Mengisi formulir yang disediakan dan melampirkan berkas-berkas yang harus dilengkapi oleh siswa dan berkas yang dilengkapi oleh sekolah sesuai dengan panduan
Program Beasiswa BIDIK MISI Departemen Pendidikan Nasional.

2. Fasilitas BMU: bagi para siswa yang dinyatakan lolos sebagai calon penerima BMU akan mendapatkan fasilitas:
a. Bantuan biaya perjalanan dan akomodasi dari domisili yang bersangkutan ke tempat pendaftaran dan tempat ujian.
b. Biaya Pendaftaran PMDK Prestasi 2010.
c. Biaya hidup dan biaya pendidikan sampai dengan menyelesaikan pendidikan sarjana bagi penerima BMU yang lulus PMDK Prestasi dari Program Beasiswa BIDIK MISI Ditjen Dikti Depdiknas.

3. Pengiriman permohonan BMU dilaksanakan bersamaan dengan pengiriman formulir pendaftaran awal PMDK Prestasi.

PERINGATAN :
Apabila Anda tidak termasuk keluarga yang kurang mampu secara ekonomi, maka jangan memaksakan diri untuk mendapatkan BMU dan Beasiswa BIDIK MISI, sebab pengakuan Anda sebagai keluarga yang kurang mampu secara ekonomi adalah doa Anda yang akan dikabulkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

PERSYARATAN
PMDK-Prestasi hanya dapat diikuti oleh siswa SLTA yang akan di tahun terbaru, yang terdiri dari tiga kategori yaitu:
1. Siswa kelas reguler yang mempunyai salah satu prestasi sebagai berikut :
a. Peringkat I sampai V di kelasnya pada kelas III semester gasal dengan mendapat rekomendasi dari kepala sekolah
b. Juara I, II atau III pada lomba/kejuaraan akademik, paling rendah tingkat provinsi, yang diakui oleh Dinas Pendidikan setempat/ LIPI/BPPT/Kantor Menristek, pada waktu menjadi siswa SLTA baik perorangan maupun beregu.
c. Juara I, II atau III prestasi olahraga atau seni, paling rendah tingkat provinsi, pada waktu menjadi siswa SLTA baik perorangan maupun beregu.
d. Pernah menjadi Ketua Umum OSIS SLTA dengan menunjukkan Surat Keputusan/Piagam dari Kepala Sekolah.

2. Semua siswa kelas akselerasi.

3. Semua siswa dari Sekolah Bertaraf Internasional (SBI).
 
Formulir Pendaftaran Awal beserta dokumen kelengkapannya dikirim ke Kantor Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Airlangga Jl. Dharmawangsa 29, Surabaya.
Hasil Seleksi Awal akan diumumkan dan peserta yang lolos akan mendapatkan Surat Panggilan yang akan dikirim ke alamat sekolah. Surat panggilan tersebut sebagai salah satu syarat untuk melakukan pendaftaran ujian tulis TPPA-UNAIR.

PROSEDUR PENDAFTARAN
Pendaftaran PMDK-Prestasi dilaksanakan melalui 2 (dua) tahap, yaitu Pendaftaran Awal dan Pendaftaran ujian tulis TPPA-UNAIR.

I. PENDAFTARAN AWAL DAN SELEKSI ADMINISTRASI
Formulir Pendaftaran Awal dapat diperoleh dengan cara download di link website PMDK-UNAIR baik format PDF maupun format Microsoft Word. Setelah formulir diisi, kemudian dilengkapi dengan dokumen yang sesuai dengan kategori:

A. Siswa Kelas Reguler, melengkapi berkas pendaftaran dengan salah satu dokumen berikut:
o 1 lembar fotokopi rapor kelas III semester gasal yang telah dilegalisasi, atau
o 1 lembar fotokopi sertifikat dari lomba/kejuaraan ilmiah yang telah dilegalisasi, atau
o 1 lembar fotokopi sertifikat dari lomba/kejuaraan olahraga atau seni yang telah dilegalisasi, atau
o 1 lembar fotokopi SK Pengangkatan sebagai Ketua OSIS yang telah dilegalisasi.

B. Siswa Kelas Akselerasi, melengkapi berkas pendaftaran dengan surat keterangan dari Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa pendaftar adalah Siswa Kelas Akselerasi serta 1 lembar fotokopi rapor kelas I sampai III yang telah dilegalisasi.

C. Siswa Sekolah Bertaraf Internasional (SBI), melengkapi berkas pendaftaran dengan surat keterangan dari Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa pendaftar adalah siswa SBI serta 1 lembar fotokopi rapor kelas I sampai III yang telah dilegalisasi.

II. TATA CARA PENDAFTARAN ONLINE
1. Lakukan transaksi pembayaran seleksi PMDK-Unair melalui bank Mandiri (ATM, teller, e-banking) dengan membawa surat undangan/panggilan yang berisi nomor voucher.
2. Biaya pendaftaran sebesar Rp300.000,- untuk satu Kelompok Ujian IPA atau IPS, dan Rp500.000,- untuk Kelompok Ujian IPC.Uang yang telah disetor ke bank tidak dapat ditarik kembali.
3. Setelah berhasil melakukan transaksi pembayaran, Calon peserta akan memperoleh resi pembayaran. Resi pembayaran seleksi tersebut berisi:
a. Nomor voucher Anda (khusus untuk PMDK-Prestasi tidak perlu mengambil nomor voucher, sebab nomor voucher sudah ada bersamaan dengan surat panggilan).
b. PIN PMDK.
c. Kelompok pilihan (IPA, IPS, dan IPC).
d. Waktu transaksi.
4. Buka pendaftaran online PMDK Unair di alamat http://pendaftaran.unair.ac.id, akan terlihat halaman login.
5. Masukkan Nomor Voucher dan PIN PMDK pada kotak yang tersedia, isikan huruf-huruf pada kotak yang tersedia dengan menggunakan HURUF KECIL, kemudian tekan tombol login. Setelah berhasil, maka akan tampak formulir pendaftaran elektronik.
6. Calon peserta diminta mengisi formulir pendaftaran elektronik sesuai petunjuk yang tercantum di buku petunjuk pendaftaran.

TATA CARA PENGISIAN FORMULIR PENDAFTARAN ELEKTRONIK:
I. DATA DIRI
a. Tulis nama Anda pada kolom Nama yang tersedia.
b. Pilih provinsi tempat lahir pada menu pilihan yang tersedia.
c. Pilih kota tempat lahir pada menu pilihan yang tersedia.
d. Isikan tanggal lahir Anda pada menu pilihan Tanggal Lahir yang tersedia.
e. Pilih jenis kelamin Anda pada kolom menu pilihan Jenis Kelamin yang tersedia.
f. Pilih agama Anda pada kolom menu pilihan Agama yang tersedia.
g. Pilih kewarganegaraan Anda yang sesuai pada kolom menu pilihan Kewarganegaraan yang tersedia.
h. Tulis nomor telepon seluler Anda pada kolom Kontak Personal yang tersedia (Kolom kontak personal dikosongkan apabila tidak memiliki nomor telepon seluler).

II. DATA PENDIDIKAN
a. Pilih provinsi tempat sekolah yang sesuai.
b. Pilih kabupaten/kota tempat sekolah yang sesuai.
c. Pilih asal sekolah yang sesuai.
d. Pilih tahun lulus yang sesuai.
e. Pilih status SLTA yang sesuai.
f. Pilih jurusan SLTA Anda pada kolom menu pilihan Jurusan SLTA yang tersedia.
g. Pilih sumber biaya pendidikan Anda yang sesuai pada kolom menu pilihan Sumber Biaya yang tersedia.
h. Tulis alamat Anda pada kolom Alamat yang tersedia.

III. DATA KELUARGA
a. Tulis nama orang tua Anda pada kolom Nama Orang Tua yang tersedia.
b. Pilih pendidikan Ayah Anda yang sesuai.
c. Pilih pendidikan Ibu Anda yang sesuai.
d. Pilih pekerjaan Ayah Anda yang sesuai.
e. Pilih pekerjaan Ibu Anda yang sesuai.
f. Pilih jumlah penghasilan Ayah/Ibu Anda yang sesuai.
g. Tulis alamat orang tua Anda pada kolom Alamat Orang Tua yang tersedia.
h. Tulis jumlah saudara Anda pada kolom Jumlah Saudara yang tersedia.

IV. PROGRAM STUDI PILIHAN
• Pilih program studi pilihan Anda.

KONFIRMASI ULANG ISIAN FORMULIR PENDAFTARAN ELEKTRONIK :
a. Setelah pengisian formulir pendaftaran elektronik selesai, peserta diminta meneliti kembali isian tersebut pada halaman konfirmasi ulang.
b. Jika isian sudah benar semua, tekan tombol selesai.
c. Pendaftaran online sudah selesai dan berhasil.

VERIFIKASI DOKUMEN PENDAFTARAN
Calon peserta diminta hadir di Gedung Serba Guna Universitas Airlangga (GSG Unair) untuk melakukan verifikasi dokumen, antara lain membawa:
1. Surat panggilan asli dari PPMB Unair.
2. Kartu peserta Ujian Nasional tahun 2010 asli dan fotokopi (2 lembar).
3. Resi pembayaran dari Bank Mandiri.
Kemudian calon peserta akan memperoleh nomor peserta ujian.

FOTO
Setelah verifikasi dokumen dilaksanakan dan dinyatakan sesuai, dilanjutkan dengan foto.

SIDIK JARI
Setelah pengambilan foto peserta, dilanjutkan dengan proses pengambilan sidik jari.

CETAK KARTU PESERTA
1. Peserta membubuhkan tanda tangan pada kartu tanda peserta ujian di hadapan panitia.
2. Panitia membubuhkan stempel pada kartu tanda peserta, sebelum menyerahkan kartu tersebut pada peserta.

Alur Pembayaran dan Pendaftaran PMDK (Online)


E. BIAYA PENDIDIKAN
Program Studi Akuntansi  Rp 1.000.000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar