Selasa, 28 Desember 2010

Universitas Indonesia, Depok



Kampus UI Depok, 16424
Telp : 021-727 2425, 727 2646
Fax : 021-727 0024

Perkembangan Jurusan Akuntansi FEUI Dewasa Ini
Jurusan Akuntansi FEUI didukung oleh staf pengajar yang berkualitas, yang mempunyai latar belakang akademik dan praktek yang membanggakan. Staf Pengajar terdiri dari ± 155 dosen (85 orang PNS dan 70 orang non PNS) dan 69 asisten dosen.Dengan dukungan sumber daya manusianya tersebut, Jurusan Akuntansi FEUI  telah melakukan berbagai kegiatan untuk mencapai misinya; salah satunya adalah revisi kurikulum pendidikan dengan kurikulum baru yang lebih banyak menekankan pada aspek teknologi informasi, keuangan, komunikasi, dan lebih menyelaraskan dengan minat mahasiswa.
Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya mata kuliah pilihan yang ditawarkan.
Jurusan Akuntansi FEUI berkembang tidak lepas dari kontribusi besar  Project QUE (Quality of Undergraduate Education), sebuah program pengembangan kualitas pendidikan yang merupakan hibah dari Bank Dunia atas prestasi UI. Perkembangan ini meliputi pemberian bea siswa pendidikan S-3 bagi sejumlah staf pengajar, mengundang dosen tamu dari luar negeri, perbaikan infrastruktur (pengadaan dan perbaikan fasilitas, seperti ruang kelas, ruang diskusi, ruang dosen, perpustakaan jurusan, laboratorium komputer akuntansi, laboratorium bahasa Inggris), pengadaan perlengkapan pengajaran seperti in-focus, serta pengadaan textbook dan jurnal. Project QUE juga memberikan berbagai grant dan award pada staf pengajar yang melakukan penelitian, mengembangkan metode pengajaran alternatif dan membuat modul sebagai bahan kuliah.

Tujuan Departemen Akuntansi FEUI
- Menghasilkan lulusan yang mampu bekerja dalam era globalisasi
- Menghasilkan lulusan yang mampu beretika dan bermoral tinggi
- Menghasilkan karya ilmiah Akuntansi yang bermutu Internasional
- Memimpin dalam pengembangan dan perumusan standar profesi akuntansi di Indonesia
- Mempelopori Disemenasi pengetahuan mutakhir akuntansi

Visi
Menjadi salah satu Jurusan Akuntansi terbaik di Asia

Misi

1. Menghasilkan lulusan yang mampu bersaing secara global.
2. Memimpin pengembangan ilmu dan praktek akuntansi di Indonesia dan hasilnya bermanfaat global.
3. Berperan serta dalam mewujudkan masyarakat madani.

FASILITAS PROGRAM STUDI

Laboratorium komputer Jurusan Akuntansi FEUI
Laboratorium ini sebagai tempat praktek yang membantu mahasiswa jurusan akuntansi untuk menguasai teknologi informasi yang berbasis komputer yang terkait dengan bidang akuntansi. Salah satu accounting software yang digunakan adalah Oracle Application.

Perpustakaan Jurusan Akuntansi
Perpustakaan Jurusan Akuntansi yang memiliki koleksi buku-buku, jurnal, dan CD-ROM di bidang akuntansi, manajemen, ekonomi, dan keuangan yang memungkinkan staf pengajar dan mahasiswa untuk melakukan penelitian.
Perpustakaan juga dilengkapi dengan ruang baca yang letaknya dekat dengan ruang kuliah.

Laboratorium Studi Akuntansi
Laboratorium Studi Akuntansi didirikan untuk mengakomodasi berbagai kegiatan penunjang akademik di bidang Akuntansi yang meliputi pelatihan, loka-karya, seminar, penelitian maupun penulisan jurnal serta publikasi.
Untuk keterangan lengkapnya klik  disini.
 
Bahasa pengantar yang digunakan adalah Bahasa Indonesia.

Mata Ajaran Wajib 129 SKS
- EFE 16 SKS
- EAK 67 SKS
- EMA 30 SKS
- EIE  16 SKS
Mata Ajaran Pilihan 15 SKS
Total SKS 144 SKS

BIAYA PENDIDIKAN

UP: Biaya kisaran Rp 100.000 (minimal) sampai dengan Rp 10.000.000 (maksimal) 
Uang Pangkal dibayarkan hanya sekali pada saat masuk (bisa dicicil) yang disesuaikan dengan kemampuan orangtua mahasiswa

BOP per semester: Biaya kisaran Rp 100.000 (minimal) sampai dengan Rp 5.000.000 (maksimal) Besaran biaya pendidikan ditetukan sesuai dengan kemampuan orangtua mahasiswa (BOP Berkeadilan)

DKFM: Rp 100.000
DPP: Rp 600.000
Semester 1 : UP + BOP + DKFM + DPP
Semester 2 sampai lulus : BOP + DKFM
Biaya pendidikan di UI sudah mencakup seluruh komponen pembiayaaan, tidak ada lagi biaya SKS, praktikum dan biaya tambahan lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar