Selasa, 28 Desember 2010

Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta



Alamat : Ringroad Utara Condong Catur Depok Sleman Yogyakarta 
55283
Telp: 0274-881546, 885376, 883087
Fax : 0274-882589
Website : http://www.uii.ac.id/, accounting.uii.ac.id

Universitas Islam Indonesia (UII) dibangun dengan nilai dasar berupa paduan antara nilai pengabdian (ibadah), nilai keislaman dan keunggulan (excellence) yang menjadi landasan untuk membangun visi dan misi UII. Visi UII adalah: “Terwujudnya UII sebagai Rahmatan Lil’alamin, memiliki komitmen pada kesempurnaan dan risalah Islamiyah di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat dan dakwah Islamiyah.
Visi UII memiliki 3 asas utama yaitu keunggulan/kesempurnaan, asas keislaman dan asas manfaat. Visi Program Studi Akuntansi pada dasarnya merupakan penjabaran dari visi Fakultas yang dalam hal ini merupakan wujud visi Universitas di tingkat Fakultas.

Visi Program Studi Akuntansi FE UII
“Menjadi program studi akuntansi terkemuka baik di tingkat nasional maupun internasional dengan melandaskan pada nilai rahmatan lil’alamin, nilai Islam dan nilai kesempurnaan.”
Dengan visi tersebut Program Studi Akuntansi bertekad terakreditasi secara internasional sebelum tahun 2025. Untuk merealisasikan visi tersebut, program yang telah dilakukan antara lain menetapkan kompetensi lulusan Program Studi Akuntansi dengan berdasarkan pada kompetensi lulusan yang ditetapkan AICPA, menyusun kurikulum dengan melakukan benchmarking dengan kurikulum pendidikan akuntansi di negara-negara maju, seperti Amerika, dengan tetap memperhatikan kaidah-kaidah keislaman. Selain itu, Program Studi Akuntansi juga menjalin kerjasama dengan Wollongong University dan Monash University (Australia), Boras University College (Swedia), dan Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM). Dapat dilihat bahwa unsur keunggulan, keislaman dan manfaat tersirat secara jelas pada Visi Program Studi Akuntansi. Dengan demikian visi Program Studi Akuntansi sangat koheren dengan visi Universitas.

Misi Program Studi Akuntansi FE UII
Misi Program Studi Akuntansi pada dasarnya merupakan penjabaran dari misi Fakultas yang dalam hal ini merupakan wujud misi Universitas di tingkat Fakultas:
• Menghasilkan lulusan yang mempunyai integritas moral dan personal yang tinggi, mudah beradaptasi melalui pembekalan atas pemahaman yang menyeluruh dan aplikasi nilai-nilai Islam
• Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan penguasaan ilmu dan teknologi di bidang bisnis dan akuntansi melalui penciptaan lingkungan proses belajar mengajar yang kondusif

Untuk mewujudkan misi tersebut, Program Studi Akuntansi senantiasa responsif terhadap perkembangan ilmu akuntansi, perkembangan teknologi informasi dan perkembangan kebutuhan akuntansi di dunia bisnis. Secara periodik Program Studi Akuntansi mereview dan mengevaluasi kurikulum dan proses pembelajarannya, mengupdate kualitas dosen dan fasilitas pendidikan. Pengabdian pada masyarakat dan dakwah Islamiyah juga selalu diusahakan dilaksanakan secara terintegrasi dan simultan. Misi Program Studi Akuntansi koheren dan mendukung misi Universitas yang menjadi acuannya dan didasarkan pada ajaran Islam, penyelenggaraan dan pengembangan ilmu pengetahuan di dalam masyarakat serta menghasilkan sarjana muslim yang berilmu amaliah dan beramal ilmiah.

Tujuan Program Studi Akuntansi FE UII
Secara umum tujuan Program Studi Akuntansi FE UII adalah: “menghasilkan lulusan akuntansi yang memiliki functional competencies, personal competencies, danbroad-based business perspective competencies.”

Secara khusus, Program Studi Akuntansi bertujuan untuk mempersiapkan calon akuntan professional yang memiliki integritas moral dan personal yang tinggi, memiliki kemampuan konseptual, memiliki kompetensi keilmuan, memiliki wawasan bisnis yang luas, memiliki etika bisnis yang baik, mampu berkomunikasi dengan baik, dan mempunyai motivasi untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi atau berkarir secara mandiri.
Untuk mencapai tujuan tersebut, Program Studi Akuntansi secara periodik mereview kurikulumnya, dengan mempertimbangkan perkembangan ilmu akuntansi, perkembangan teknologi informasi, dan perkembangan kebutuhan-kebutuhan akuntansi di dunia bisnis. 

Sejak tahun lalu, Program Studi Akuntansi juga telah menjalankan program untuk pengembangan karakter bagi mahasiswa baru, yaitu Output Character Building (OCB) yang meliputi program pengembangan kepribadian (aspek psikologis) serta pengembangan reading skill dan academic skill. Setelah mengikuti program ini di semester, mahasiswa baru sudah bisa mengembangakan kelebihannya dan meminimalkan kekurangannya untuk mencapai tujuan, antara lain sebagai independent learner dan bisa berkomunikasi dengan baik, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Pada semester-semester berikutnya, semua mata kuliah core akuntansi diperkaya dengan praktik (lab mata kuliah), dengan software tertentu, misalnya Excel, Eviews, Peachtree, dsb. Sejak tahun 2005, Program Studi Akuntansi telah memasukkan ERP System dalam kurikulumnya, bekerjasama dengan My SAP ERP. ERP system merupakan sistem pengelolaan perusahaan secara terintegrasi yang saat ini telah banyak digunakan di perusahaan-perusahaan menengah maupun besar, baik di Indonesia maupun di negara-negara maju. Mahasiswa yang lulus mata kuliah ini akan mendapatkan sertifikat yang diakui secara internasional.

Singkatnya, tujuan Program Studi Akuntansi FE UII mempunyai kesamaan dengan tujuan UII secara keseluruhan yaitu membentuk sarjana Akuntansi muslim yang handal, terampil, dan mampu mengaplikasikan ilmunya di masyarakat.

FASILITAS

•    Ruang Kelas
Semua ruang kelas ber-AC dan dilengkapi dengan fasilitas modern seperti komputer dan viewer.

•    Perpustakaan
Perpustakaan merupakan sarana penunjang kelancaran kegiatan proses belajar mengajar, maka dengan selesainya pembangunan gedung perpustakaan pada tahun 1995/1996, perpustakaan FE UII menjadi lebih luas. Sampai dengan bulan Juli 2007, perpustakaan telah memiliki 56. 623 eksemplar buku yang terdiri dari 12. 317 judul buku berbahasa Indonesia (28. 804 eksemplar) dan 4. 206 judul buku berbahasa asing (11. 296 eksemplar). Usaha-usaha penambahan jumlah buku maupun judul buku terus dilakukan sesuai dengan kebutuhan kurikulum dan silabi yang diberlakukan di FE UII. Perpustakaan dalam meningkatkan pelayanan dan tertib administrasi telah menggunakan system komputerisasi pelayanan secara terbuka (Open Access), termasuk di dalamnya layanan pandang dengar (audio visual).

•    Pojok Bursa Efek Jakarta (Pojok BEJ)
Pojok BEJ merupakan wahana yang melayani kebutuhan data informasi dan konsultasi untuk go public, investasi dan penelitian. Pojok BEJ ini terhubung secara on line real time dengan BEJ.

•    Laboratorium Komputer dan Statistik
Guna menunjang kelancaran kegiatan proses belajar mengajar di FE UII, pada saat ini telah dibentuk tiga laboratorium yaitu: Laboratorium Praktik Akuntansi, Statistik, dan Komputer. Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa pada tahun 1999 telah dibangun sistem jaringan Local Area Network (LAN). Selain itu, FE UII senantiasa meng-upgrade dan menambah fasilitas komputer yang dimiliki seiring dengan perkembangan kebutuhan dan teknologi. Saat ini Program Studi Akuntansi juga telah menggunakan software akuntansi SAP dan membuat mata kuliah baru yaitu Enterprise Resource Planning (ERP) yang berbasis laboratorium dan menggunakan SAP sebagai softwarenya.

•    Warung Telekomunikasi  
FE-UII menyediakan fasilitas warung telekomunikasi untuk mahasiswa. Fasilitas ini adalah unit bisnis komersial yang menyediakan pelayanan seperti telepon, fax dan fasilitas pos. Pelayanan ini buka 24 jam sehari.

•    Fasilitas Perbankan
Untuk memfasilitasi mahasiswa dalam melakukan transaksi perbankan di kampus, FE UII menyediakan counter bank yang disediakan oleh bank Bukopin dan bank Mandiri. Selain itu tersedia juga fasilitas ATM Mandiri dan Bukopin yang jaringannya terhubung dengan network Cirrus.

•    Koperasi Mahasiwa
Unit bisnis ini dijalankan oleh Koperasi Mahasiswa FE UII dan menjual berbagai macam produk untuk mahasiswa, seperti buku, alat tulis, stiker, kaos, makanan dan minuman kecil. Koperasi Mahasiswa juga menyediakan mesin fotokopi dengan harga yang terjangkau bagi mahasiswa.

•    Internet
Untuk meningkatkan akses data dan jurnal-jurnal ilmiah serta akses informasi lainnya bagi civitas akademika FE UII, telah disediakan fasilitas internet tanpa kabel (Hotspot) maupun fasilitas internet dengan kabel di semua kelas dan tempat-tempat strategis lainnya.

•    Kantin
Tersedia kantin yang nyaman bagi mahasiswa dan staf. Kantin ini menyediakan berbagai macam makanan dan minuman dengan harga yang wajar dan buka dari Senin sampai Sabtu mulai pukul 8 pagi hingga pukul 2 siang.

REGISTRASI


Registrasi Awal
Registrasi awal hanya berlaku bagi peserta CBT, PBT Mandiri dan PBT Seleksi Cepat. Peserta CBT yang diterima diwajibkan melakukan registrasi awal untuk mendapat status sebagai mahasiswaUII dengan melakukan pembayaran di bank yang ditentukan dalam Surat Panggilan.

Besar jumlah pembayaran secara umum adalah sebagai berikut:
1. biaya registrasi awal sebesar Rp 1.500.000,00 (satu juta lima ratus ribu rupiah).
Apabila calon mahasiswa yang dinyatakan diterima berdasarkan nomor UPCM tertentu dan mengundurkan diri, maka uang registrasi awal yang telah dibayarkan tidak dikembalikan.

Registrasi Akhir

Proses akhir Proses akhir untuk menjadi mahasiswa adalah dengan melakukan registrasi akhir. Setelah registrasi akhir calon akan mendapatkan Kartu Tanda Mahasiswa sementara. Registrasi akhir dilakukan dengan prosedur sebagai berikut:
1. Melakukan pembayaran di Bank Bukopin, Bank Muamalat atau Bank Mandiri di Gedung GBPH Prabuningrat, kantor Rektorat Lt. 1 Kampus Terpadu, Jalan Kaliurang Km 14,5 Yogyakarta.
2. Membayar paket uang kuliah angsuran pertama yang besarnya tercantum dalam lampiran Surat Keputusan Rektor UII.
3. Membayar sumbangan dana pengembangan Catur Dharma yang besar dan sistem pembayarannya ditentukan dalam Surat Panggilan. Khusus yang memilih International Program membayar tambahan Tuition Fee:
Program Studi Akuntansi, dan Program Studi Manajemen, - International Program: Rp 4.000.000,- (empat juta rupiah) per semester, pada Bank yang ditunjuk oleh Pengelola International Program Fakultas Ekonomi.
4. Melakukan pemasukan data registrasi (key-in) di Gedung GBPH Prabuningrat, kantor Rektorat lt. 1, Kampus Terpadu, Jl. Kaliurang, Km 14,5 Yogyakarta.
5. Menunjukkan Surat Tanda Kelulusan/Ijazah asli SMA/SMK/Madrasah Aliyah serta menyerahkan fotokopi yang telah disahkan oleh pejabat/instansi yang berwenang, rangkap 2 (dua).
6. Menyerahkan fotokopi akte kelahiran/surat kenal lahir yang disahkan oleh pejabat/instansi yang berwenang.
7. Menyerahkan pas foto ukuran 3 x 4 (berwarna) sebanyak 2 lembar.
8. Mengikuti tes psikiatri atau tes urin untuk membuktikan tidak sebagai pengguna atau pemakai narkoba secara melawan hukum melalui tes yang diselenggarakan oleh UII. Jika hasil tes diindikasikan sebagai pengguna narkoba, maka hak untuk menjadi mahasiswa UII dinyatakan batal demi hukum serta seluruh pembayaran yang telah dibayarkan pada saat registrasi akan dikembalikan.
9. Mengisi formulir kesanggupan menaati seluruh peraturan yang berlaku di UII dengan materai Rp 6.000,00 (enam ribu rupiah).
10. Calon mahasiswa UII yang telah regristasi akhir berdasarkan nomor UPCM tertentu dan bermaksud pindah ke prodi lain di lingkungan UII melalui seleksi, maka uang regristasi akhir yang telah dibayarkan dipotong sebesar :
o Untuk Fakultas Ilmu Agama Islam sebesar Rp 500.000, 00 (lima ratus ribu rupiah)
o Untuk Fakultas Kedokteran sebesar Rp 5.000.000 (lima juta rupiah)
o Untuk Fakultas selain Fakultas Ilmu Agama Islam dan Kedokteran sebesar Rp 1.500.000 (satu juta lima ratus ribu rupiah)


Beasiswa (Scholarship) silahkan klik disini

Program Beasiswa Mahasiswa Unggulan Pondok Pesantren
Untuk menjadi mahasiswa unggulan pondok pesantren calon harus lulus salah satu pola seleksi, baik melalui pola seleksi CBT, PBT maupun PSB dan lulus tes khusus yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren UII. Penjaringan calon mahasiswa Unggulan Pondok Pesantren ini memberikan beasiswa yang dibagi menjadi 2 (dua) tipe yaitu Beasiswa Penuh (Tipe A) dan Beasiswa Sebagian (Tipe B).Program Mahasiswa Unggulan Pondok Pesantren dikhususkan hanya bagi program studi jenjang Strata Satu (S1) semua fakultas kecuali Fakultas Kedokteran. Untuk sementara jalur ini hanya menerima mahasiswa laki-laki.

BEASISWA PONPES PENUH (TIPE A)
Jalur ini membuka kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa penuh berupa:
• Pembebasan biaya studi yang meliputi: SPP selama masa studi, sumbangan Catur Dharma, Biaya Lembaga Kemahasiswaan, Biaya Praktikum, Biaya KKN dan Biaya Wisuda,
• Pembebasan biaya pondokan dan fasilitasnya. Peserta yang diterima wajib mengikuti pendidikan dan melaksanakan/mengikuti kegiatan yang ditetapkan oleh Pondok Pesantren UII.
Syarat untuk mendapatkan beasiswa ini adalah :
• Dapat berbahasa Arab dan Inggris secara aktif (memiliki TOEFL/TOEFL®ITP Score minimal 450) yang dibuktikan melalui tes lisan dan tertulis serta menyerahkan TOEFL/TOEFL®ITP Score minimal 450.
• Nilai rata-rata rapor dan Ujian Akhir Nasional (UAN) minimal 7 (tujuh) yang dibuktikan dengan fotokopi rapor kelas XII dan Fotokopi Nilai UAN, masing-masing telah dilegalisasi.

BEASISWA PONPES SEBAGIAN (TIPE B)
Jalur ini membuka kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa sebagian berupa pembebasan biaya pondokan dan fasilitasnya. Walaupun demikian, peserta masih mendapat kesempatan memperoleh beasiswa internal (reguler) UII dan eksternal lainnya. Peserta yang diterima juga wajib mengikuti pendidikan dan melaksanakan/mengikuti kegiatan yang ditetapkan oleh Pondok Pesantren UI.
Syarat untuk mendapatkan beasiswa ini adalah :
• Dapat berbahasa Arab dan Inggris secara aktif (memiliki TOEFL/TOEFL®ITP Score minimal 400) yang dibuktikan melalui tes lisan dan tertulis serta menyerahkan TOEFL/TOEFL®ITP Score minimal 400.
• Nilai rata-rata rapor dan Ujian Akhir Nasional (UAN) minimal 6,5 (enam setengah) yang dibuktikan dengan fotokopi rapor kelas XII dan Fotokopi Nilai UAN, masing-masing telah dilegalisasi.

DOKUMEN PENDAFTARAN
Untuk dapat mendaftar dalam jalur Unggulan Pondok Pesantren ini maka calon mahasiswa harus mendaftarkan diri ke Panitia PMB di Gedung GBPH Prabuningrat, kantor Rektorat lt. 1 kampus terpadu UII, Jl. Kaliurang, Km 14,5 Yogyakarta, dengan kelengkapan dokumen sebagai berikut:
1. Surat Keterangan Diterima dari salah satu jalur seleksi baik melalui CBT, PBT maupun PSB.
2. Formulir Pendaftaran Sebagai Mahasiswa Unggulan Pondok Pesantren.
3. Fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi SMA/SMK/MA atau yang sederajat.
4. Fotokopi rapor kelas III dan fotokopi Nilai UAN, masing-masing telah dilegalisasi, sesuai dengan syarat pada masing-masing Tipe.
5. TOEFL/TOEFL®ITP Score dengan skor minimal sesuai persyaratan.
6. Surat Keterangan Catatan Kriminal (SKCK) dari POLRI yang menunjukkan calon berkelakukan baik.
7. Surat rekomendasi dari tokoh masyarakat atau pimpinan pondok pesantren setempat yang menunjukkan calon berakhlak baik dan aktif beribadah.
8. Piagam/sertifikat/surat keterangan yang menunjukkan prestasi dan keaktifan berorganisasi.
9. Fotokopi akte kelahiran yang membuktikan usia maksimal 21 tahun.
10. Surat keterangan sehat dari dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar