Selasa, 28 Desember 2010

Universitas Padjdjaran, Bandung


Alamat Sekretariat : Jalan Dipati Ukur No. 35 Bandung 40132
Telp : (022) 2509055 dan (022) 2503271 psw 150-154, 156, 173

FASILITAS
Gedung Perkuliahan
Kegiatan belajar mengajar di semua program studi pada Fakultas Ekonomi tersebar di kampus Jalan. Dipati Ukur No. 35 untuk Program D3, Program S1 dan Pascasarjana. Di Jalan Dipati Ukur juga ada kampus untuk Program Magister Manajemen (MM) dan Program Doktor Manajemen Bisnis (DB). Kampus di  Jalan Cimandiri No 8 digunakan oleh Program Magister Ekonomi Terapan (DET) dan Program Doktor Ekonomi Terapan (DET). Kampus di Jalan Japati dan Jalan Singa Perbangsa untuk Program Magister Akuntansi (Maksi).
Gedung perkuliahan yang ada di Jalan Dipati Ukur No.35 terdiri dari 4 (empat) gedung, yaitu:
  • Gedung A. Gedung ini memiliki 17 ruangan dan terbagi atas tujuh ruang kuliah, ruang dosen, ruang rapat, ruang asisten, empat ruang laboratorium komputer, dua ruangan praktika manual dan ruang teknisi komputer.
  • Gedung B. Di gedung ini terdapat ruang multimedia yang berguna untuk berbagai kegiatan akademis yang memerlukan kapasitas peserta besar dan sarana multimedia. Selain itu, di gedung ini terdapat empat ruang kuliah.
  • Gedung C. Gedung ini merupakan kombinasi gedung bagi ruang kuliah, ruang serba guna, kegiatan mahasiswa, dan laboratorium.
  • Gedung D. Gedung ini digunakan oleh program D3, dimana terdapat ruang pimpinan, ruang administrasi, kantin, ruang kuliah, dan ruang serba guna.
Ruang Administrasi
  • Ruang administrasi untuk Dekanat terdapat di gedung R di Jalan Dipati Ukur nomor 35. Gedung ini juga tempat berkantornya para ketua jurusan dan administrasinya. Di lantai dasar ruang R terdapat ruang dosen dan administrasi mahasiswa dan administrasi keuangan.
  • Ruang administrasi juga tersebar di masing-masing program yang ada di Jalan Dipati Ukur, Jalan Cimandiri dan Jalan Japati. Semua ruang administrasi dekat dengan ruang kuliah untuk setiap program studi.
Sarana perkuliahan di Fakultas Ekonomi ditunjang oleh berbagai fasilitas seperti Over Head Projector (OHP), LCD Projector, whiteboard, laptop dan sarana lainnya. Jumlah fasilitas tersebut sudah bisa digunakan untuk hampir semua ruang kuliah yang ada di fakultas ekonomi. Oleh karena itu mahasiswa dan dosen dapat melakukan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih baik dan nyaman. Sarana penunjang pendidikan dalam bidang teknologi tinggi adalah adanya beberapa titik hot-spot untuk wireless internet di semua kampus di lingkungan Fakultas Ekonomi. Setiap mahasiswa berhak memiliki akses untuk internet dengan kecepatan tinggi yang disediakan oleh kampus.

Perpustakaan dan Pusat Informasi Ilmiah
Perpustakaan dan Pusat Informasi Ilmiah Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran (P212 FE-UNPAD) menerapkan teknologi komputasi dalam kegiatan operasionalnya, sehingga membantu mempercepat pencarian dan pengolahan informasi yang diperlukan oleh pemakainya. Pada saat ini perpustakaan FE Unpad telah mampu menyediakan layanan buku ekonomi dan bisnis, skripsi, makalah, seminar, jurnal, koran, majalah, penyediaan informasi dalam bentuk CD-ROM serta layanan internet. Fasilitas yang terdapat dalam perpustakaan ini antara lain:
  • Ruang baca dosen
  • Ruang baca mahasiswa
  • Ruang skripsi
  • Ruang Jurnal
  • Area Wi Fi dan hotspot
  • Fotokopi
  • Toko alat tulis dan minuman
Kini koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan FE diantaranya :
  • Buku berbahasa Indonesia: 6054 eksemplar terdiri dari 3762 judul.
  • Buku berbahasa Inggris: 8038 eksemplar terdiri dari 4355 judul
  • Jurnal dalam bahasa Indonesia:  892 eksemplar terdiri dari 84 judul
  • Jurnal dalam bahasa Inggris sebanyak 1715 eksemplar terdiri dari 126 judul.
  • Karya ilmiah (skripsi/tesis/disertasi): 3271 eksemplar.
Laboratorium
Laboratorium yang terdapat di FE Unpad adalah:
  • Laboratorium Praktika Komputer
  • Laboratorium Bahasa
  • Laboratorium Praktika Manual
  • Laboratorium e-learning
Fasilitas Lainnya
Fasilitas lain yang terdapat di FE Unpad antara lain Student Centre, Aula & Auditorium, dan Cafetaria.


KERJA SAMA
Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian mahasiswa serta daya serap lulusannya, Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran telah menjalin kerja sama dengan berbagai instansi dan industry nasional/multinasional.

Kerja Sama Dalam Negeri
Kerja sama dengan Instansi Pemerintahan diantaranya Bappenas, EEPSEA, BKF Ministry of Finance, Bank Indonesia, Kantor Menteri Negara Urusan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia,Kantor Menko Perekonomian RI, Kantor Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian RI, Kantor Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Jakarta, Kementrian Koordiantor Bidang Perekonomian RI, Badan Perencana Daerah (Bappeda) Kota Bandung.
Kerja sama dengan BUMN, BUMD, dan swasta diantaranya, Dharma Wanita Unit IPTN, Dharma wanita Unpad, FPIPS UPI, ICFTU, & DSYKB FBSI JABAR, ILO & Dana Sakit Yayasan Kesejahteraan Buruh FBSI Jawa Barat, IMA Jabar , KAF, Korpri Jawa barat, PEDC Poltek ITB, Poltek Manufaktur, Pusat Penelitian Sumber Daya Manusia dan Lingkungan Universitas Padadjaran, Pusat Pengembangan Pendidikan Politeknik, SMIEP TAU Institute Bankir Indonesia, UNDP UNSFIR, BPKP, Pupuk Kujang, Delloite, Ernst & Young, Bank Syarah Mandiri, Dompet Duafa, IIA, Dirjen Pajak, BPK, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, Indosat, Exxon Mobil, Medco, Perum Peruri, BOT, BNP Paribas Indonesia, IAI, IAMI, IAI, dan KAPd.

Kerja Sama Luar Negeri
Fakultas Ekonomi juga menjalin kerja sama dengan Instansi maupun perusahaan swasta Internasional, diataranya Konrad Adenauer Stiftung (Kas) Jerman Barat, SWISSCONTACT, The Japan Foundation_Kyoto University (Center For Southheast Asian Studies), dan VES KOMAP.

BIAYA PENDIDIKAN
Biaya studi yang harus ditanggung oleh mahasiswa Program Sarjana (S1) Lulusan SMTA yang diterima melalui SMUP sebagai berikut :
1. SPP (Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan) yang dibayarkan pada setiap semester
sebesar Rp. 2.000.000,00
2. DMB (Dana Mahasiswa Baru) yang dibayarkan satu kali pada saat registrasi mahasiswa baru
sebesar Rp. 2.000.000,00
3. DPP (Dana Pengembangan Pendidikan) yang dibayarkan satu kali pada saat registrasi mahasiswa baru, besarnya sesuai dengan Surat Pernyataan Kesanggupan Pembayaran DPP
Untuk Program Studi Akuntansi maksimal sebesar Rp 50.000.000,00
Untuk kelas Berbahasa Inggris Rp 55.000.000,00

Jalur Masuk UNPAD
1. SNMPTN
2. SMUP UNPAD
Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) adalah tes masuk yang diselenggarakan secara langsung oleh Universitas Padjadjaran dengan pola tes tulis berskala nasional.
Proses hasil seleksi dilakukan secara terpusat di Unpad dan pengolahan data dilakukan secara komputerisasi. Untuk keterangan lebih lanjut dapat menulusur pada smup.unpad.ac.id/

Pendaftaran
Calon peserta yang akan mengisi Biodata online harus memperhatikan beberapa hal sebagai berikut :
1. Simpan dengan baik Nomor Jurnal dan PIN yang Anda miliki, karena Nomor Jurnal dan PIN tersebut akan dipergunakan untuk seluruh proses seleksi SMUP (Pengisian Biodata Online, Pencetakan Kartu Peserta Ujian, dan registrasi mahasiswa baru apabila Anda diterima).

2. Pengisian Biodata hanya diperuntukkan bagi calon peserta yang sudah membeli PIN Pendaftaran

3. Untuk mempercepat proses pengisian Biodata online sebaiknya calon peserta sudah mempersiapkan :
a. Data pribadi lengkap
b. Data asal pendidikan (Ijasah, Nilai UAN/Transkrip)
c. Pilihan program studi dan kemampuan besaran biaya Dana Pengembangan Pendidikan
d. Men-scan pas foto berwarna 3×4 dengan ukuran maksimal 100 kbyte dan format JPG. Pas foto harus menggunakan pakaian dan pose formal untuk kebutuhan akademik.

4. Pengisian Biodata hanya diijinkan SATU KALI saja, dan tidak diberikan fasilitas untuk
melakukan perubahan/perbaikan (EDIT) isian Biodata terhadap data yang sudah diisikan secara online.
 Apabila ada perubahan terhadap data yang sudah diisikan maka calon/orang tua calon harus mengajukan surat permohonan perubahan secara manual dan dapat dikirimkan ke Sekretariat SMUP melalui Kotak Pos SMUP, PO BOX 6776 BDCP, Bandung 40141.

5. Setelah pengisian biodata online, calon peserta diharuskan untuk :
a. Mencetak Biodata dan Pernyataan menggunakan kertas ukuran A4
b. Paling lambat 7 hari setelah pengisian biodata online, calon peserta diwajibkan
mengirimkan berkas fisik ke Kotak Pos SMUP, PO BOX 6776 BDCP, Bandung 40141. (Kecuali : PPDS)

6. Pengisian biodata online dan download KARTU PESERTA dapat klik link di sini :
Sebelum men-download Kartu Peserta,pastikan Anda telah meng-instal Adobe Reader

Informasi lebih lanjut :
Sekertariat SMUP
Kampus Universitas Padjadjaran
Jl. Dipati Ukur No.35 Bandung
Telp. 022-2533737 (Hunting)
Email : smup@unpad.ac.id
Yahoo Messenger : smupunpad@yahoo.com

Pembelian PIN
Pembelian PIN dapat dilakukan di Bank BNI, Bank BTN, Bank BRI dan Bank Jabar Banten (Pada jam kerja).

Persyaratan
Mohon diperhatikan pada saat pemesanan PIN di Bank, Anda jelaskan jenjang ( S1 / D3 / D4 / S1 110 sks / S2 / S3 / profesi / Spesialis ) yang anda pilih pada Teller Bank. Periksa kembali jenjang yang Anda pilih pada bukti pembayaran dari Bank tersebut. Kesalahan dalam pembelian PIN ( tertukar jenjang ) menjadi tanggung jawab calon peserta.
Nomor Jurnal dan PIN tersebut bersifat sangat rahasia dan tidak boleh diperlihatkan pada orang lain. Konsekuensi kelalaian menjaga kerahasiaan informasi & kehilangan Nomor Jurnal dan PIN tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab calon peserta.

Persyaratan Umum
1. Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing yang mendapat persetujuan Dirjen Dikti
2. Pas foto berwarna ukuran 3×4 cm sebanyak 2 lembar (ditempel di lembar Biodata Calon Peserta dan kartu Peserta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar