Selasa, 28 Desember 2010

Universitas Surabaya (UBAYA)




Alamat: Jl. Ngagel Jaya Selatan 169, Surabaya 60284
Tel:  +62 31 298 1005, +62 813 3232 9955
Fax:  +62 31 298 1018
Fakultas Bisnis dan Ekonomika

Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) UBAYA merupakan salah satu fakultas tertua di UBAYA yang berdiri sejak 1968 dengan nama Fakultas Ekonomi (FE) pada awal pendiriannya. Perubahan nama FE menjadi FBE diresmikan mulai tahun 2009 untuk menyesuaikan diri dengan standar internasional untuk sekolah bisnis. Hingga saat ini jumlah alumni FBE UBAYA telah mencapai lebih dari 15,000 orang yang berkarir di sebagai profesional di sektor swasta, pengusaha, akademisi, dan pemerintahan.

Visi dari FBE UBAYA adalah menjadi sekolah bisnis sebagai benchmark global dalam hal kualitas akademik, pengelolaan organisasi dan partnership. Kesemuanya itu dibangun berlandaskan pada tiga nilai utama yaitu knowledge, wisdom dan integrity.

Knowledge berarti FBE UBAYA hendak menghasilkan alumni yang memiliki pengetahuan dan kemampuan akademik yang tertinggi dalam bidang bisnis dan senantiasa up-to-date dengan perkembangan jaman. Wisdom berarti alumni FBE UBAYA juga memiliki cara pandang multidimensional dalam mengambil putusan bisnis yang terbaik. Integrity berarti alumni FBE UBAYA memiliki prinsip dan standar moral yang tertinggi dalam berkiprah di masyarakat. Dengan memiliki ketiga hal tersebut, alumni FBE UBAYA diharapkan dapat menjadi teladan di manapun mereka berada.


Internasionalisasi

Kurikulum (desain materi kuliah dan proses pembelajaran) di FBE UBAYA telah berstandar internasional dan mendapatkan pengakuan di berbagai sekolah bisnis terkemuka di Eropa, Amerika, dan Asia. Mahasiswa dapat memilih program reguler atau program internasional dengan pilihan double-degree. Selama menempuh pendidikan di FBE UBAYA, mahasiswa juga dapat mengikuti kuliah di beberapa perguruan tinggi mancanegara yang menjadi mitra UBAYA selama satu/dua semester untuk kemudian nilainya ditransfer ke UBAYA. Mitra internasional FBE UBAYA  adalah:
  • Beijing Normal University, China
  • California State University-East Bay, US
  • Flinders Business School, Australia
  • Grenoble Ecole de Management, France
  • Guangxi University, China
  • Handelshochscule Leipzig, Germany
  • Ho Chi Minh City Open University,Vietnam
  • Rotterdam Business School, The Netherlands
  • Maastricht School of Management, The Netherlands
  • University de La Rochelle, France
  • University of Northern Iowa, US
  • Woosong University, South Korea
  • Zhejiang Gongshang University, China
Kerjasama yang telah dikembangkan selama ini mencakup berbagai program seperti pertukaran mahasiswa dan staf pengajar, Study Abroad Programme, Double Degree Programme, Visiting Professorship, penelitian bersama dan penulisan bersama jurnal internasional, studi banding, seminar, workshop, conference dan kegiatan-kegiatan lain berskala internasional. Kerjasama ini memberikan kesempatan pada mahasiswa UBAYA untuk berinteraksi dan belajar dalam lingkungan internasional di kampus UBAYA sendiri.

Program Peminatan

Program-program yang ditawarkan meliputi program reguler dan program internasional. Metode pembelajaran berupa diskusi, seminar, studi kasus, praktek lapangan, simulasi, company/factory visit, dan ceramah. Secara periodik materi dan metode pembelajaran dievaluasi dan disempurnakan dengan melibatkan pengajar serta para praktisi bisnis, pengguna lulusan dan alumni. Masa studi normal adalah 8 semester. Untuk mahasiswa yang berprestasi baik, dapat menyelesaikan studi dalam waktu 6/7 semester.

Fasilitas
• Galeri Investasi/IDX Corner, menyediakan fasilitas untuk simulasi, real trading dan analisis pergerakan harga saham dan produk berjangka (valas, minyak bumi, berbagai komoditas berjangka lainnya, dan indeks berbagai pasar modal dunia antara lain NYSE, Hang Seng, Kospi, STI, dan BEJ). Fasilitas ini dapat dimanfaatkan untuk tujuan belajar, penelitian maupun perdagangan.
• Ruang kelas dengan AC, LCD Projector dan Multimedia
• Laboratorium komputer dengan software terkini dan internet
• Laboratorium Layanan dan Pariwisata dengan fasilitas simulasi hotel, restoran dan bar.
• Fasilitas Wi-Fi di area kampus FBE
• Fasilitas on-line database Proquest, Emerald dan Science Direct untuk pencarian dan downloading artikel-artikel jurnal ilmiah dan majalah bisnis internasional
• Pelatihan profesional di berbagai bidang bisnis, antara lain: perbankan, investasi, dan perdagangan internasional (untuk memberikan nilai tambah kompetensi lulusan).
• Bantuan karir dan penempatan kerja setelah lulus (ditangani Career Assistance Centre UBAYA). 
• Career Assistance Centre (CAC)
Divisi Career Services hadir sebagai mediator antara UBAYA, industri, dan institusi lain yang memerlukan tenaga profesional. Info lengkap klik disini atau akses situs resmi CAC untuk info lebih lanjut.
Hubungan Internasional & International Village
Kantor Hubungan Internasional membantu mengembangkan dan menjaga hubungan dengan institusi-institusi internasional, dengan tujuan mengembangkan kerjasama yang berguna dan saling menguntungkan. Silahkan klik disini untuk Informasi detail Kantor Hubungan Internasional dan International Village, atau klik di disini untuk membuka situs resminya.
Klinik Medis
Klinik Medis Ubaya merupakan salah satu ujung tombak untuk menuju tercapainya kesehatan (jasmani dan rohani) yang lebih baik bagi seluruh civitas akademika Universitas Surabaya pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Klik disini untuk info lebih lanjut.
Layanan Konseling
PLKPAM merupakan salah satu perangkat lembaga pendidikan dan pengajaran di Universitas Surabaya yang secara proaktif membantu mahasiswa agar dapat mengatasi tantangan atau masalah dalam kehidupannya. Info Selanjutnya.
Perpustakaan
Perpustakaan UBAYA merupakan salah satu pendukung proses belajar mengajar di lingkungan kampus, yang memiliki koleksi ratusan ribu eksemplar buku, majalah, dan jurnal serta e-jurnal. Klik disini untuk informasi lebih lanjut tentang Perpustakaan, atau klik disini untuk langsung ke situs resminya
Pusat Bahasa
Diresmikan pada tanggal 20 April 2004, Pusat Bahasa UBAYA atau dikenal dengan Ubaya Language Center (ULC) membantu para mahasiswa dan profesional untuk meningkatkan kemampuannya dalam berbahasa dengan baik dan benar. Detail ULC
Pusat Komputer
Pusat Komputer merupakan laboratorium komputer yang bisa dimanfaatkan untuk perkuliahan/praktikum terjadwal, ujian, pelatihan berbasis komputer, mengerjakan berbagai tugas secara mandiri, ataupun untuk mendukung studi dengan penyediaan fasilitas koneksi internet gratis. Info lebih lanjut.
Warta Ubaya & Gerbang
Universitas Surabaya memiliki tabloid yang berfungsi sebagai media penyebaran informasi bagi civitas akademika dan karyawan UBAYA, Alumni dan berbagai pembaca yang berlangganan. Klik disini untuk info selengkapnya atau langsung ke situs http://warta.ubaya.ac.id/

BEASISWA
Untuk memacu prestasi dan menunjang kelancaran studi para mahasiswanya, UBAYA memberikan penghargaan dengan kriteria tertentu. Penghargaan tersebut terbagi dalam penghargaan non-beasiswa dan beasiswa. Detail disini

PENERIMAAN MAHASISWA BARU
UBAYA melakukan penerimaan mahasiswa baru melalui:
  • Tes Potensi Akademik (TPA)
  • Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (JPMK) di bidang Prestasi Akademik, yang khusus ditujukan pada siswa-siswa SMA yang memiliki prestasi akademik yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan
  • Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (JPMK) di bidang Prestasi Olahraga yang khusus ditujukan pada para atlet/olahragawan pada cabang olahraga tertentu yang mempunyai prestasi nasional atau daerah.
Semua  informasi  penerimaan  mahasiswa  baru yang melalui tes potensi akademik terdapat pada buku "Petunjuk Pendaftaran", yang diterbitkan menjelang  masa  penerimaan  setiap tahun. Tata cara dan persyaratan penerimaan mahasiswa baru melalui  JPMK baik untuk bidang Prestasi Akademik maupun Prestasi  Olahraga  diatur  tersendiri dengan Keputusan Rektor.
Bagi mahasiswa baru yang tidak aktif dalam kegiatan perkuliahan di semester I dan tidak melakukan perencanaan studi di semester II akan dianggap mengundurkan diri. Jika mahasiswa yang bersangkutan ingin kuliah lagi di UBAYA pada semester berikutnya mahasiswa tersebut harus mendaftar lagi sebagai mahasiswa baru.
Info selengkapnya disini


JALUR PRESTASI/ JALUR PENELUSURAN MINAT DAN KEMAMPUAN (JPMK)

Jalur Prestasi atau Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (JPMK) adalah proses
penerimaan mahasiswa baru Universitas Surabaya yang didasarkan dari prestasi
akademik siswa-siswi selama berada di SMA. Siswa-siswi yang berprestasi ini
dapat langsung diterima sebagai calon mahasiswa Ubaya (tanpa tes) selama
memenuhi persyaratan yang ditentukan. Siswa-siswi yang tidak memenuhi kriteria
jalur prestasi ini dapat mendaftarkan diri melalui Jalur Umum (lihat hal. 9).
Sementara itu siswa yang mempunyai prestasi dibidang olahraga dapat
menghubungi klub olahraganya untuk mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa
Ubaya melalui Jalur Prestasi Olahraga (form pendaftaran bisa didapatkan di
kampus Ubaya Ngagel).


PENDAFTARAN
Pada bagian ini siswa yang merasa memenuhi syarat yang ditentukan dapat melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa Ubaya, dengan terlebih dahulu membeli formulir pendaftaran. Siswa yang memenuhi syarat yang ditentukan akan langsung diterima tanpa harus melalui tes potensi akademik.

PERSYARATAN PENDAFTAR
1. Warga Negara Indonesia
2. Saat ini masih duduk di kelas III SMA
3. Ranking siswa pada :
A. SMA negeri atau swasta dengan status disamakan atau diakui
a. Program Strata 1 (S1):
 Ranking 1 -10 pada minimal 3 semester
b. Politeknik (Jenjang D3)
 Nilai rata-rata rapor >= 65 pada minimal 3 semester
B. SMA berbasis kompetensi/SMA tanpa menggunakan sistem ranking:
a. Program Strata 1 (S1)
 Rata-rata nilai Matematika dan Bahasa Inggris pada minimal 3 semester masing-masing >= 75
b. Politeknik (Jenjang D3)
 Νilai rata-rata rapor >= 65 pada minimal 3 semester

PROSES PENDAFTARAN
Langkah-langkah yang harus dilakukan siswa untuk mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa dari Jalur Prestasi atau JPMK adalah:
• membeli map pendaftaran
• mengisi lembar scanner yang ada di map pendaftaran dan menyerahkannya kembali beserta Fotokopi rapor SMA kelas I dan II yang telah dilegalisasi.
Serahkan berkas tersebut ke SMA tempat Anda mendapat formulir pendaftaran
atau ke Universitas Surabaya.

JALUR KERJASAMA (JKS) dan JALUR UMUM
Proses yang harus dilakukan untuk mendaftar sebagai peserta TPA adalah:
• membeli map pendaftaran
• menyerahkan berkas berikut ini :
o Lembar scanner pendaftaran
o Fotokopi kartu pelajar atau tanda pengenal lain
o Lembar ke 2 dan 3 dari kartu TPA (kartu TPA lembar 1 harus dibawa siswa saat mengikuti TPA) jangan lupa menempelkan 2 lembar pas foto berukuran 3x3 pada kolom yang tersedia di kartu TPA.

PEMBAYARAN KEWAJIBAN KEUANGAN
Salah satu syarat yang harus dipenuhi siswa agar dapat dinyatakan secara resmi
sebagai calon mahasiswa Ubaya adalah membayar Uang Sumbangan Pendidikan
(USP), baik secara lunas maupun angsuran. Jumlah minimal yang harus dibayar
siswa adalah sebesar angsuran pertama USP.

Biaya pendidikan yang ditetapkan di Universitas Surabaya hanya terdiri dari dua
jenis saja, yaitu:
Uang Sumbangan Pendidikan (USP) dan
Uang Penyelenggaraan Pendidikan (UPP)

USP hanya dibayar satu kali saja selama siswa menempuh pendidikan di Ubaya
dan besarnya ditentukan dari nilai rapor siswa (khusus untuk Jalur Prestasi).
Sementara itu UPP harus dibayar setiap semester selama siswa tersebut masih
tercatat sebagai mahasiswa aktif Ubaya. UPP TIDAK PERNAH mengalami kenaikan
selama masa studi normal, kecuali ada perubahan kebijakan moneter dari
pemerintah seperti pemotongan nilai mata uang (sanering) dll. Setelah masa
studi normal, UPP mahasiswa mengikuti UPP mahasiswa angkatan berikutnya.

CARA PEMBAYARAN USP/UPP
1. Mentransfer dari bank mana saja, sejumlah uang yang telah ditentukan di Surat
Penetapan USP ke:
UNIVERSITAS SURABAYA (UBAYA)
AC: 142-00-0540662-3
MANDIRI KCP Surabaya
Bratang Binangun

2. Melalui ATM Bank Mandiri. Cara pembayaran dapat dilihat pada leaflet
yang ada pada map daftar ulang.

3. Melalui seluruh cabang Bank Mandiri.

Biaya pendidikan yang harus dibayar di Universitas Surabaya hanya USP dan UPP saja. USP dan UPP dapat diangsur 5x. Tidak ada biaya tambahan lainnya. UPP tidak pernah dinaikkan selama anda berada dalam masa studi normal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar