Selasa, 28 Desember 2010

Universitas Atma Jaya, Jakarta



Kampus Semanggi : Jl. Jenderal Sudirman 51, Jakarta 12930 Telp. (62-21) 5727615, 5703306, 5708823 Faks. (62-21) 5747912
Kampus Pluit (Fakultas Kedokteran) : Jl. Pluit Raya 2, Jakarta 14440 Telp. (62-21) 6691944, 6694366, 6693168 Faks. (62-21) 6606122, 6606123
Sekretariat Fakultas Ekonomi Telp. 57274762 atau 5708815


Fakultas Ekonomi, didirikan pada 11 Juli 1960, merupakan fakultas tertua di lingkungan Unika Atma Jaya, dan memulai perkuliahannya dalam bulan Oktober 1960. Pada mulanya fakultas ini hanya mempunyai satu jurusan, yaitu jurusan Manajemen, dengan program studi Ekonomi Perusahaan; tahun 1974 dibuka jurusan lagi, jurusan Akuntansi, dan tahun 1992 dibuka satu jurusan lagi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP), sehingga program studi yang ada hingga saat ini adalah Program Studi Manajemen, Program Studi Akuntansi, dan Program Studi IESP.

Program Studi Akuntansi

Kurikulum Prodi Akuntansi sejak tahun 2003 berubah dari kurikulum berbasis isi menjadi berbasis kompetensi dengan memunculkan beberapa peminatan: Sistem Informasi Akuntansi, Pemeriksaan Akuntansi, Akuntansi Manajemen dan Akuntansi keuangan dan perpajakan. Tahun 2006 menambah satu peminatan baru yaitu Analisis Keuangan Untuk Pasar Modal.

Mata kuliah yang ada adalah mata kuliah yang bernuansa praktek seperti pemeriksaan akuntansi berbasis IT, perancangan sistem manajemen biaya, perancangan sistem, perpajakan untuk specialize industries, dll. yang khusus diadakan untuk menjawab kebutuhan dunia usaha.

Mahasiswa juga dilengkapi dengan matakuliah-matakuliah praktek/laboratorium, yaitu praktek pemeriksaan akuntansi, praktek sistem informasi akuntansi dan praktek perpajakan dengan tujuan menghasilkan auditor yunior, perancang sistem informasi akuntansi yunior dan konsultan pajak yunior.

Lulusan Prodi Akuntansi dikenal oleh industri sebagai seorang pribadi yang tangguh, ulet, tekun, setia pada perusahaan dan berintegrasi tinggi, sehingga permintaan tenaga kerja lulusan dari industri ke Prodi Akuntansi terus meningkat dari tahun ke tahun.


VISI:
Menjadi program studi yang unggul dan profesional dalam mengembangkan ilmu pengetahuan akuntansi yang secara konsisten mewujudkan perpaduan antara iman Kristiani, teknologi, dan budaya Indonesia yang mampu menghadapi perubahan, baik secara nasional mapun global.

MISI:
a. Mengembangkan ilmu pengetahuan akuntansi yang menekankan pada penelitian yang berlandaskan kompetensi, teknologi, etika, dan tanggungjawab sosial;
b. Menyelenggarakan jenjang pendidikan akademik berkelanjutan dan profesi dalam bidang akuntansi yang berkiprah aktif dalam memberi sumbangan analisis dan kajian penelitian ilmu akuntansi;
c. Mengembangkan dan meningkatkan kegiatan akademik yang efektif dan efisien dalam suasana yang beretika dan bermartabat; dan
d. Mengimplementasikan ilmu akuntansi sebagai wujud pengabdian kepada dunia profesi khususnya dan masyarakat pada umumnya.

TUJUAN:
a. Menghasilkan lulusan program studi akuntansi yang profesional, berintegritas tinggi, peduli pada kepentingan masyarakat, berorientasi global dan tanggap terhadap kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni budaya (IPTEKS);
b. Menghasilkan karya ilmiah dan penelitian dalam bidang akuntansi yang dipublikasikan dan menjunjung tinggi hak atas kekayaan intelektual (HAKI);
c. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bidang akuntansi;
d. Menyelenggarakan pendidikan dalam bidang akuntansi yang sehat berlandaskan tata kelola yang baik dan transparan; dan
e. Mengembangkan sumber daya manusia profesional yang memiliki rasa kebanggaan sebagai bagian dari program studi akuntansi.


FASILITAS

Perpustakaan
Terdapat perpustakaan Fakultas Ekonomi di Lantai 4 Gedung B, beberapa buku terbaru di sediakan dan terdapat ruang baca yang ideal untuk berdiskusi serta mengembangkan diri bagi para dosen dan mahasiswa.

Laboratorium
Dengan dukungan komputer 100 unit PIV 3.0E GHz yang berbasiskan processor dual core serta tersedianya 2 ruang kelas lab, pelayanan mahasiswa di selenggarakan 4 shift dalam sehari mulai 07.30 AM sampai 18.15PM. Laboratorium komputer juga merekrut asisten dosen serta tenaga pengajar dari luar Fakultas Ekonomi untuk memberikan pelayanan yang lebih baik. Selain mengelola kegiatan lab koordinator laboratorium juga membantu mendukung kegiatan operasional yang memanfaatkan komputer di seluruh ruang perkuliahan Fakultas Ekonomi.
Setiap semesternya laboratorium fakultas ekonomi mefasilitasi hampir 450 mahasiswa
setiap semesternya dengan bantuan 13 asisten yang memberikan perkuliahan.

BEASISWA
Unika Atma Jaya memberikan beasiswa kepada mahasiswa program sarjana (semester tiga keatas), yang kurang mampu membiayai pendidikannya. Mahasiswa bersangkutan dapat mengajukan beasiswa kepada Panitia Beasiswa melalui fakultas masing-masing sebelum tahun akademik dimulai setiap tahun. Disamping beasiswa dari UAJ, terdapat beasiswa dari lembaga maupun perusahaan swasta yang disalurkan melalui UAJ dengan persyaratan yang berbeda-beda, diantaranya dari Salim Group dan Yayasan Toyota Astra. Setiap tahun, jumlah penerima beasiswa dari UAJ dan lembaga/perusahaan kurang lebih 350 mahasiswa. Pengumuman mengenai beasiswa dapat dilihat di papan pengumuman Panitia Beasiswa di Gedung B lantai dasar dan Gedung C. Sedangkan informasi lengkap dapat diperoleh dari petugas sekretariat Panitia Beasiswa di Gedung D lantai 2.
PENDAFTARAN
Persyaratan dan Prosedur Pendaftaran Program Sarjana (S1):
a. Mengisi dan menyerahkan Formulir Pendaftaran Calon Mahasiswa.
b. Mengisi, menandatangani, dan menyerahkan Surat Pernyataan Keuangan Calon Mahasiswa Program Sarjana.
c. Menyerahkan Fotocopy Ijazah dan SKHUN yang telah dilegalisir Kepala Sekolah bagi yang lulus SMA/SMK tahun 2010 dan sebelumnya masing-masing 2 (dua) lembar. (Ijazah Sekolah Internasional harus disetarakan oleh Dikdasmen).
d. Menyerahkan pasfoto ukuran 2 X 3 cm sebanyak 2 (dua) lembar.
e. Menyerahkan Fotocopy Akta Kelahiran 1 (satu) lembar.
f. Menyerahkan Fotocopy Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Unika Atma Jaya/dokter Spesialis Mata, khusus untuk calon mahasiswa Fakultas Kedokteran,
g. Menyerahkan 1 (satu) lembar fotocopy Surat Permandian (2 tahun setelah dibaptis secara Katolik) bagi yang memilih Program Studi Ilmu Pendidikan Teologi.
h. Memilih satu atau dua Program Studi.

Formulir Pendaftaran dapat diperoleh gratis dengan 2 cara:
b. Ambil di Kampus Unika Atma Jaya Jl. Jend. Sudirman Kav. 51, Jakarta, 12930.

Pendaftaran Tes masuk ada 2 cara:

a. Datang Langsung dengan menyerahkan persyaratan pendaftaran ke Bagian Pendaftaran, Kampus Unika Atma Jaya, Jl. Jend. Sudirman Kav. 51, Jakarta, 12930 dan akan memperoleh Kartu Peserta Tes.
Jam Kerja Senin - Jumat : 08.00 - 16.00
Sabtu : 08.00 - 12.00
Datanglah pagi hari untuk mendapatkan pelayanan yang lebih cepat
Pengembalian formulir data diwakilkan asalkan berkas persyaratannya lengkap
Biaya tes masuk untuk: 1 (satu) pilihan Rp. 250.000,- dan 2 (dua) pilihan Rp. 300.000,-

b. Bagi yang berada di luar Jabodetabek dapat mengirimkan Berkas Pendaftaran dan Copy Bukti Transfer Biaya Tes Masuk melalui jasa pengiriman cepat asalkan persyaratan lengkap ditujukan kepada:
Kepala Bagian Pendaftaran
Unika Atma Jaya
Jl. Jenderal Sudirman Kav. 51, Jakarta 12930

Transfer Melalui:
1 Bank CIMB Niaga Cabang Atma Jaya Jakarta
Pembayaran kepada:
Yayasan Atma Jaya
No. Rekening: 064.01.6248.4.005 2 Bank Mandiri KCP Atma Jaya Jakarta
Pembayaran kepada:
Yayasan Atma Jaya
No. Rekening: 122.00.01226789

Selanjutnya, pastikan berkas pendaftaran diterima dengan baik dengan menghubungi Bagian Pedaftaran di (021) 5727615 ext. 320/223.

Informasi lengkap untuk calon mahasiswa baru klik disini.

Pengumuman Kelulusan Tes PMB
Bagi yang mengambil 2 (dua) pilihan program studi, bila diterima hanya akan diumumkan 1 (satu) saja.
Pilihan pertama merupakan priorotas dalam menentukan diterima atau tidak.

Pertanyaan atau informasi lebih lanjut silahkan menghubungi :
Bagian Informasi Mahasiswa Baru
melalui telepon (021) 572-7615, 570-3306 pada pesawat 123, 434, 536, 544

Tidak ada komentar:

Posting Komentar